PENYAKIT MENULAR SEKSUAL / PMS (1)

Share :

Image from abcnews.go.com
1. Gonore (GO)
Gonore (nama lainnya : GO, Kencing Nanah, Uretritis Spesifik ) disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhoeae. Masa inkubasi penyakit ini 2 sampai 10 hari setelah kuman menginfeksi tubuh penderita melalui hubungan seks.
Diagnosis Gonore dapat di tegakkan dengan kultur atau “smear” dari organ tubuh yang terinfeksi. Penderita yang terinfeksi kuman Neisseria gonorrhoeae atau Gonore harus mendapatkan pengobatan dan dianggap akan mampu untuk menularkan penyakitnya sampai gejala penyakitnya menghilang. Dengan tidak diobati atau dengan pengobatan yang tidak sampai sembuh, Infeksi Gonore dapat berkembang pada organ-organ reproduksi, yang dapat mengakibatkan terjadinya arut pada jaringan organ reproduksi dan akhirnya akan menyebabkann sterilitas menetap atau permanen.
Tanda dari penyakit ini (gonore) yaitu adanya nyeri, berwarna merah, timbul bengkak dan bernanah. Gejala gonore pada laki -laki yaitu adanya rasa nyeri atau sakit pada saat buang air kecil / kencing, adanya nanah kental kuning kehijauan, pada ujung penis tampak berwarna merah dan sedikit bengkak. Pada wanita 60% kasus sama sekali tidak nampak gejala. Tetapi terkadang ada rasa nyeri / sakit saat buang air kecil / kencing dan penderita mengalami keputihan kental dengan warna kekuningan.
Akibat yang di timbulkan dari gonore pada laki-laki dan wanita adalah kemandulan. Pada wanita bisa juga mengalami peradangan pada panggul, dan infeksi dapat menular pada bayi yang di lahirkan oleh wanita penderita berupa infeksi pada mata yang dapat menyebabkan kebutaan pada si bayi. Pengobatan mata pada bayi baru lahir secara rutin dengan menggunakan salep antibiotik harus di lakukan untuk mencegah teerjadinya infeksi ini.

2. Sifilis (Raja Singa)
Sifilis disebabkan oleh kuman Treponema Pallidum. Masa tanpa gejala berlangsung 3 sampai 4 minggu, dan terkadang juga bisa sampai 13 minggu. Setelah itu muncul benjolan disekitar alat kelamin. Penyakit ini juga kadang-kadang dengan keluhan sakit kepala/pusing dan nyeri pada tulang seperti pada influensa yang sembuh tanpa diobati. Terdapat bercak berwarna kemerahan pada tubuh sekitar 6 sampai 12 minggu setelah hubungan seks dengan penderita yang terinfeksi. Bercak tersebut ini akan hilang sendiri dan kebanyakan penderita tidak memperhatikan adanya gejala ini. Pada 2 sampai 3 tahun pertama penyakit ini sama sekali tidak memunculkan gejala apa-apa, yang biasa disebut masa laten. Tetapi setelah 5 sampai 10 tahun penyakit sifilis akan menyebabkan kerusakan susunan syaraf otak, pembuluh darah dan jantung penderita. Pada wanita yang hamil sifilis dapat menularkan penyakitnya pada bayi yang dikandungnya dan bayi yang di lahirkan dapat mengalami kerusakan pada kulit, hati, limpa dan keterbelakangan mental.

Selanjutnya Baca PENYAKIT MENULAR SEKSUAL / PMS (2)

Tags : Penyakit seksual, Penyakit hubungan seks, Gonore, GO, Kencing Nanah, Gonorrhoe, Gejala Gonore, Gejala Gonore, gejala kencing nanah, Keluhan Gonore, Gejala sifilis, bahaya gonore, Sifilis, Raja Singa, bahaya sifilis, keluhan sifilis, Kemandulan akibat gonore, kemandulan akibat sifilis.

PENYAKIT MENULAR SEKSUAL / PMS (1) 9 out of 10 based on 327 ratings. 327 user reviews.

0 komentar:

Posting Komentar